Beasiswa
[Beasiswa] 2022 Global Undergraduate Exchange Program ke Amerika Serikat

[Beasiswa] 2022 Global Undergraduate Exchange Program ke Amerika Serikat

Halo sahabat cendekiawan mendunia. Bagi kalian mahasiswa S1/D4 yang menginginkan sebuah pengalaman pertukaran mahasiswa ke Amerika Serikat, ini adalah kesempatan emas untuk sahabat semua. Nama programnya adalah Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD).

Program ini memberikan beasiswa non gelar dengan durasi masa studi selama satu semester akademik di perguruan tinggi atau universitas AS kepada para mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan dan diharapkan menjadi pribadi unggul di masa depan. Global UGRAD ini disponsori oleh Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat dan bertujuan untuk merekrut peserta yang tidak memiliki kesempatan lain untuk belajar di Amerika Serikat. Pelamar yang berhasil memperoleh beasiswa ini diharapkan akan memperoleh paparan dan pengalaman yang mendalam terhadap masyarakat, budaya, dan institusi akademik AS, serta memperoleh kesempatan untuk meningkatkan keterampilan profesional mereka.

Semua peserta yang lolos seleksi akan terdaftar sebagai mahasiswa penuh waktu (non-gelar) dalam program sarjana di lembaga/univeristas tuan rumah. Peserta akan diminta untuk mengambil satu mata kuliah yang memiliki bobot 3 SKS guna meningkatkan pemahaman mereka tentang Amerika Serikat. Selain itu, peserta akan tinggal di fasilitas perumahan kampus dengan rekan-rekan Amerika dan akan diminta untuk berpartisipasi pelayanan masyarakat (community service). Juga akan ada orientasi kedatangan secara virtual dan lokakarya di akhir program secara langsung.

Para aplikan yang lolos seleksi dalam program ini akan memperoleh beberapa manfaat hibah, yaitu:

  1. Tiket perjalanan internasional
  2. Biaya kuliah
  3. Tempat tinggal dan makan
  4. Asuransi kecelakaan/saki
  5. Tunjangan bulanan
  6. Bantuan pendanaan untuk buku

KRITERIA

Pelamar harus:

  • Warga negara Indonesia
  • Berusia di atas 18 tahun
  • Terdaftar dalam program sarjana penuh waktu (S1/D4) di Indonesia, telah menyelesaikan minimal satu semester studi dan memiliki setidaknya satu semester lagi untuk diselesaikan di institusi asal mereka setelah kembali. Preferensi akan diberikan kepada mereka yang berada di semester ketiga hingga kelima.
  • Menunjukkan potensi kepemimpinan melalui karya akademis, keterlibatan masyarakat, dan kegiatan ekstrakurikuler
  • Menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris secara baik (lisan dan tulisan) yang dibuktikan dengan skor TOEFL ITP atau TOEFL Prediction terbaru (kurang dari dua tahun) 500 atau iBT 48.
  • Berkomitmen untuk kembali langsung ke Indonesia setelah program selesai

Bagimana cara mendaftar?

Kandidat harus melengkapi aplikasi online, yang hanya dapat diakses mulai 1 November 2021 hingga batas waktu 6 Januari 2022.

Persyaratan dokumen (WAJIB dalam bahasa Inggris)
1. Dua surat referensi, satu dari dosen jurusan studi pelamar, satu lagi dari dosen lain, pemberi kerja, pembina, atau pengawas pekerjaan masyarakat.
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Transkrip nilai terbaru dalam bahasa Indonesia dan Inggris

Setelah aplikasi online diajukan, kandidat harus menghubungi staf di AMINEF melalui email dengan melampirkan hasil scan TOEFL ITP atau skor Prediksi TOEFL ke info.scholarship@aminef.or.id, dengan subjek email, “[Nama Lengkap Anda] – Selesai Global Formulir Online UGRAD.”


Informasi Lebih Lanjut
Pertanyaan spesifik mengenai proses aplikasi dapat dialamatkan melalui email ke alamat berikut: info.scholarship@aminef.or.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *