Beasiswa
[Beasiswa] Master Program ke Universitas Leiden Belanda 2022

[Beasiswa] Master Program ke Universitas Leiden Belanda 2022

Halo sahabat cendekia. Kami harap sahabat semua dalam keadaan sehat dan selalu semangat.

Apakah sahabat ingin melanjutkan kuliah di benua biru Eropa? Bisa jadi beasiswa ini cocok sebagai pelabuhanmu melanjutkan studi. Leiden University Excellence Scholarship programme (LExS) kini dibuka lagi. Ayo segera siapkan aplikasinya karena beasiswa ini untuk perkuliahan yang akan dimulai tahun 2022. Beasiswa ini menawarkan program S2 bergelar MA, MSc, dan LLM di Leiden University (Universiteit Leiden).

Beasiswa ini terbuka bagi pelamar internasional termasuk Indonesia dipersilakan mendaftar. Salah satu keunikan beasiswa ini, warganegara Uni Eropa atau Kawasan Ekonomi Eropa tidak diperbolehkan untuk melamar. Sehinga, jika sahabat merupakan salah satu yang mengincar beasiswa S2 di Belanda 2022, beasiswa LExS ini bisa jadi menjadi kesempatan kalian.

Beasiswa LExS menawarkan skema beasiswa kuliah berupa pemberian biaya pendidikan, mulai dari parsial sampai full scholarship. Nominal beasiswa yang diperoleh tersebut tergantung dari penilaian seleksi, serta ketersediaan dana di masing-masing fakultas. Nominal setiap beasiswa yang diberikan mulai dari € 10.000, € 15.000, serta biaya kuliah penuh dikurangi biaya kuliah wajib. Namun, Kandidat terpilih harus menanggung biaya lain seperti biaya hidup selama menjalani masa studi di Leiden.

Pendaftaran untuk perkuliahan yang dimulai Februari 2022 atau September 2022  dengan skema beasiswa S2 Leiden University ini telah dibuka. Pelamar bisa mendaftar untuk semua program studi di Leiden University dengan pengecualian LLM (non-advanced) dan program MSc di Leiden Law School.

Fakultas yang menawarkan beasiswa:

  1. Archaeology
  2. Humanities
  3. Medicine/LUMC
  4. Governance and Global Affairs
  5. Law
  6. Social and Behavioural Sciences
  7. Science
  8. African Studies Centre
  9. International Institute for Asian Studies

Persyaratan:

  1. Memiliki prestasi akademik memuaskan dan relevan dengan program master yang akan dilamar. Mahasiswa tersebut termasuk dalam 10% lulusan terbaik di program studi sebelumnya.
  2. Memegang paspor non Uni Eropa/Kawasan Ekonomi Eropa (EU/EEA) dan tidak menerima pinjaman atau hibah studi di Belanda
  3. Beasiswa tidak berlaku bagi pelamar yang telah meraih gelar master di Leiden University
  4. Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa LExS harus mematuhi dan mengkonfirmasi secara tertulis perjanjian mereka sesuai syarat dan ketentuan yang melekat sebelum beasiswa diberikan.

Dokumen aplikasi:

  1. Salinan paspor resmi atau KTP
  2. Motivation letter
  3. Salinan ijazah dan transkrip
  4. Salinan sertifikat TOEFL, IELTS, atau CPE
  5. CV (resume) terbaru
  6. Dua surat rekomendasi
  7. Dokumen penunjang lainnya (Cek laman program). Catatan: Dokumen aplikasi yang diminta mungkin ada penambahan/perbedaan untuk setiap program. Silahkan dicek di www.leiden.edu

Pendaftaran:

  1. Permohonan beasiswa sekaligus merupakan pendaftaran ke Leiden University. Pelamar tidak perlu mengajukan aplikasi terpisah. Daftarkan diri terlebih di laman Leiden University secara online. Lengkapi formulir pendaftarannya. Setelah itu lampirkan dokumen aplikasi yang tertera di atas.
  2. Ketika mengisi formulir aplikasi, tepatnya di kolom ‘scholarship’, pelamar perlu menyebutkan bahwa Anda ingin mengajukan LExS Scholarship. Lakukan hal serupa jika Anda mendaftar lebih dari satu program master. Masih di formulir aplikasi tersebut, lampirkan pula letter of motivation (maksimum 500 kata) khusus beasiswa yang berisikan kenapa Anda perlu dipertimbangkan dalam beasiswa LExS.
  3. Pelamar nantinya akan diminta untuk membayar biaya aplikasi pendaftaran online senilai € 100. Itu merupakan biaya pendaftaran universitas. Deadline pendaftaran 1 Oktober 2021 untuk perkuliahan yang dimulai Februari 2022. Serta paling lambat 1 Februari 2022 untuk perkuliahan yang dimulai September 2022.
  4. Komite seleksi dari fakultas akan menilai aplikasi yang diajukan masing-masing pelamar. Penilaian akan didasarkan pada capaian prestasi akademik. Semua pelamar beasiswa S2 Leiden University akan memperoleh pemberitahuan hasil seleksi pada akhir November 2021 untuk perkuliahan yang dimulai Februari 2022 serta akhir April 2022 untuk perkuliahan pada September 2022. Teknis pendaftaran lebih lanjut dapat disimak di laman Leiden University.

Kontak:
Scholarships Team
Student and Educational Affairs
[t] +31 (0)71 527 7192
[e] scholarships@sea.leidenuniv.nl
[w] https://www.universiteitleiden.nl

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *