Blog
2 Negara di Asia yang Cocok Untuk Berlibur Saat Musim Dingin (Winter)

2 Negara di Asia yang Cocok Untuk Berlibur Saat Musim Dingin (Winter)

Kyoto. Foto: via https://www.japan-experience.com/

Semalam hujan cukup deras dan berangin. Hembusan angin yang masuk dari ventilasi udara terasa dingin dan membuat tubuh ini perlu selimut. Suhu di aplikasi android menunjukkan 18 derajat celcius. Sambil rebahan di kasur yang sudah berumur lima tahun ini, aku pun membayangkan suasana musim dingin.

Fikiranku berkelana ke benua Eropa yang memang terkenal dengan atraksi musim dingin. Hujan salju, main ski, jalanan penuh dengan salju putih, pakaian tebal dan sepatu boot adalah pemandangan khas musim dingin. Aku pun menuliskan sebuah impian bahwa kelak aku akan merasakan syahdunya musim dingin di luar negeri.

Aku mainkan gawaiku untuk mencari tiket pesawat ke Swiss. Negara impianku untuk berunjung. Selain indah dan menawan, negara satu ini terlihat damai. Ah… someday, I will visit there. Terlebih ada kawan baikku yang sedang tinggal di sana bersama suami dan anaknya. Dia pun selalu mengundangku untuk beriwsata ke Swiss.

Namun, Swiss bukanlah negara yang “budget friendly” untuk turis berduit cekak seperti aku ini. Sehingga, berkunjung ke Swiss pun masih menjadi list di buku saya. Ya sudahlah, kelak pasti bisa kesana. Liburan musim dingin ke Swiss selalu aku urungkan. Sehingga, aku mencari alternatif negara – negara Asia yang secara jarak lebih dekat dengan Indonesia, namun juga memiliki 4 musim.

Alhamdulillah, pada akhirnya aku bisa mengunjungi negara – negara di Asia yang memiliki musim dingin disana. Periode musim dingin dimulai dari bulan Desember – Maret. Berikut aku tuliskan dua negara Asia yang cocok untuk dikunjungi saat musim dingin.

Jepang

Hayo siapa yang tidak mengenal negara satu ini? Negara yang memiliki sebutan negara matahari terbit ini memiliki 4 musim tiap tahunnya. Kota – kota yang terkenal adalah Tokyo, Kyoto, Osaka, Sapporo, Nagoya dan Fukuoka.

Jika sahabat – sahabat semua ingin berkunjung saat musim dingin dan berkesempatan menikmati salju, bisa berkunjung ke Hokkaido (Kota Sapporo) yang terletak di Jepang bagian utara. Salju turun setiap tahunnya. Sehingga bisa merasakan pengalaman bermain salju dan ski disana.

Sapporo Snow festival. Foto: via https://livejapan.com/

Jika tidak ingin jauh ke Sapporo, berkunjung saja ke Tokyo. Kota yang ditinggali oleh lebih dari 25 juta orang ini juga menawarkan keindahan budaya dan salju di musim dingin. Jika belum beruntung melihat hujan salju, sahabat bisa berkunjung ke Gunung Fuji yang berjarak tidak jauh dari kota Tokyo. Sahabat bisa tetap bermain ski dan menikmati salju disana. Gunung Fuji merupakan lokasi favorit orang Jepang untuk berkunjung dan puncaknya selalu tertutup es.

Jepang memang terkenal dengan biaya hidupnya yang super mahal. Bahkan Tokyo selalu masuk top 5 sebagai kota berbiaya hidup tinggi di dunia. Hal ini juga terlihat dari mahalnya biaya penginapan di Jepang. Normalnya, turis bisa menghabiskan minimal 3.000 yen untuk tinggal di dormintory dan harus berbagi fasilitas dengan 6 – 12 orang dalam satu kamar. Wow kan harganya. Apalagi biaya menginap di hotel, mahalllllll.

Gunung Fuji. Foto: via https://www.shutterstock.com/

Nah, inilah keuntungannya jika berkunjung ke Jepang saat musim dingin. Banyak pengelola akomodasi yang memberikan diskon besar – besaran saat winter. Karena musim ini merupakan periode low season. Tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke Jepang. Bisa jadi kesempatan bagus ni buat sahabat yang ingin berhemat saat liburan musim dingin ke Jepang.

Korea Selatan

Bagi penggemar KPoP dan Drama Korea, negara ini pasti jadi favorit untuk dikunjungi. Siapa yang tidak mengenal aktor dan aktris Korea yang ganteng dan cute itu. Bahkan, aku sampai terheran – heran jika ada kawan yang histeris hanya melihat gambar idolanya tersebut.

Menghabiskan waktu liburan saat musim dingin ke Korea Selatan menjadi salah satu best decision buat sabahat. Korea Selatan menawarkan pemandangan alam yang indah dan juga budaya yang menakjubkan. Makanan – makanan Korea khas musim dingin pun sungguh lezat untuk disantap, seperti Syamgeatang (sup ayam ginseng) dan Ramyun.

Sahabat yang ingin merasakan dinginnya suhu dan juga bermain salju, siapkan diri dan uang untuk berkunjung ke sana ya. Periode musim dingin di Korea Selatan sama dengan di Jepang, antara bulan Desember sampai Maret. Harga tiket pesawat ke Korea dari Jakarta juga tidak begitu mahal. Sahabat bisa cek di beberapa portal online travel agent.

Gyeongbokgung Palace. Foto: via https://dailytravelpill.com/

Berikut destinasi yang keren untuk dikunjungi saat musim dingin di Korea Selatan.

Pertama adalah kota Seoul. Ibukota negara ini memiliki tata kota yang cantik dan menawan. Kota yang dikelilingi bukit – bukit ini sangat aman untuk para wisatawan. Transportasi yang modern dan canggih, mulai dari kereta sampai bus, memudahkan wisatawan untuk berkeliling di Seoul. Saat sahabat berkunjung di Seoul, pastikan sahabat – sahabat berkunjung ke Gyeongbokgung Palace, Itaewon, Dongdaemun, Seoul Namsan Tower, Myeongdong, Insadong, Buckchon Hanook Village dan Cheonggyecheon.

Bukchon Hanook Village. Foto : via https://cineeverywhere.com/

Kedua adalah Nami Island. Bagi siapa saja yang berlibur ke Korea Selatan, tempat wisata ini merupakan salah satu tujuan wisata yang wajib untuk dikunjungi. Nami Island ini sangat akrab di telinga wisatawan Indonesia, terutama bagi pencinta drama Korea. Terlebih pulau kecil ini pernah dijadikan lokasi shoting dalam film Winter Sonata. Di dalam area pulau Nami juga terdapat pohon-pohon yang sangat indah dan romantis saat musim salju. Nama Nami sendiri diambil dari salah satu nama jenderal di Korea Selatan. Terletak di area Bendungan Cheongpyeong, di wilayah Chuncheon-si, Gangwon-do, pulau mungil ini dapat ditempuh dari Seoul dengan menggunakan bus ataupun kereta ITX.

Nami Island. Foto: via https://www.funtastickorea.com/

Ketiga adalah Provinsi Gangwon. Provinsi Gangwon merupakan wilayah di Korea yang paling sering turun salju tahunan. Terdapat banyak resor ski yang ditawarkan bagi para pengunjung. Beberapa di antaranya sangat populer dan yang terbaik di negeri ginseng ini, yakni Taman Salju Phoenix Pyongchang, Resor Ski Yapyong, Vivaldi Park Ski World, Resor Ski Alpensia, dan Resor Ski High1.

Vivaldi Ski Resort. Foto: via visitkorea.or.kr

Apakah sahabat sudah bersiap untuk berkunjung ke dua negara di Asia ini saat musim dingin? Siapkan jaket tebal dan lip gloss ta. Hehe. Salam semangat dan sehat dari cendekia mendunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *