Blog
[Blog] Tips Tembus Publikasi Jurnal Bereputasi

[Blog] Tips Tembus Publikasi Jurnal Bereputasi

Bisa menerbitkan karya ilmiah di jurnal bereputasi adalah sebuah prestasi tersendiri bagi mahasiswa, dosen atau peneliti. Jurnal bereputasi itu bermacam – macam. Yang paling terkenal adalah jurnal yang telah terindexs Scopus, Sinta, dll.

Nah, kami sajikan tips – tips agar tulisan ilmiah para sahabat dapat terbit di jurnal bereputasi.

  1. Karya ilmiah sahabat harus original. Yakni, karya tulis yang dilakukan secara nyata berdasarkan kajian literatur yang baik dan bukan hasil plagiat karya milik orang lain. Karya tulis ini harus menunjukkan Novelty-nya (kebaharuan).
  2. Mengikuti format penulisan (template) sesuai jurnal yang akan dijadikan tujuan untuk publishing. Hal ini dikarenakan masing – masing publisher memiliki formatnya masing – masing. Jadi, antar satu jurnal dengan jurnal lainnya memiliki format penulisan tersendiri. Jumlah halaman pun juga dibatasi berdasarkan ketentuan mereka.
  3. Sebelum submit (mengirim) tulisan ke publisher, sahabat harus sudah mengetahui kategori jurnal/bidang ilmu yang akan dipublikasikan. Hal ini dikarenakan akan berpengaruh pada keputusan publikasi karya ilmiah yang diserahkan ke dewan redaksi.
  4. Karya ilmiah diusahakan yang memiliki topik yang segar dan baru. Sehingga, sahabat wajib mengusahakan untuk melakukan riset yang matang guna memutuskan pemilihan topik terkini dan hangat saat menulis karya ilmiah.
  5. Lakukan Proofread terlebih dahulu sebelum dikirim ke publisher. Hal ini berguna untuk mengecek tulisan ilmiah sahabat sesuai kaidah kebahasaan yang baik dan benar.

Nah, itulah 5 tips dari kami bagi sahabat yang sedang /akan melakukan publikasi karya ilmiahnya.

Jika sahabat merasa galau atau masih bingung bagaimana melakukan publikasi jurnal, kami siap membantu memecahkan masalah sahabat. Kami memiliki program asistensi khusus membedah kerjurnalan ini. Namanya adalah Klinik Jurnal. Kami akan membantu sahabat semua dalam memilih penerbit menyusun tulisan, submit, pembayaran dan akhirnya sampai terbit. Silahkan KLIK DISINI berikut untuk menggunakan jasa kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *